Sabtu, 04 Januari 2014

PEMBUATAN BAHAN AJAR SMA Brosur

PEMBUATAN BAHAN AJAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Dibuat Oleh:
Kelompok : 1 (Satu)

Nama              : 1. Erni Kusrini                    (34 2009 224)
                                                  2. Nadiana Rafika Putri     (34 2011 108)
  3. Lia Apriyanti                   (34 2011 131)

Kelas/Semester          : F/VII (tujuh)
Program Studi             : Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh         : Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si
                                                              Sapta Handaiyani, S.Pd

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah           :  SMA...
Mata pelajaran          :  Biologi
Kelas/Semester          :  X / Genap
Alokasi Waktu           :  2  x  45 menit
Standar Kompetensi :  3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.   

Kompetensi Dasar     :  3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, dan pemberian ASI, serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia.

Indikator:
1.      Menjelaskan pengertian penyakit menular seksual pada manusia (PMS).
2.      Menjelaskan  4 dari 8 jenis penyakit menular (PMS) seksual pada manusia.

Nilai Karakter Budaya Bangsa
Religius
·      Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa
·      Mempercayai bahwa Tuhan YME telah menciptakan berbagai mahluk hidup yang ada di bumi
·  Mempelajari jenis-jenis penyakit menular seksual pada manusia untuk melihat kebesaran Tuhan YME yang telah menciptakan mahluk hidup di bumi
Jujur
·       Mengemukakan pendapat berdasarkan apa yang telah dipelajari
·      Menyebutkan secara tegas apa yang tidak dimengerti dalam pokok bahasan
Toleransi
·    Memberi kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapat dan mau menerima jika terjadi perbedaan pendapat.
Disiplin
·       Berada di kelas tepat waktu saat mengikuti pelajaran
·       Tidak keluar masuk saat kegiatan belajar berlangsung.
Kerja keras
·       Selalu berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
Rasa ingin tahu
·       Memiliki sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas mengenai kesehatan reproduksi manusia
·       Selalu bertanya saat mendapat kesulitan dalam belajar
Mandiri
·       Mencari materi mata pelajaran dari buku di perpustakaan, internet dan literatur lainnya

  1. Tujuan pembelajaran:
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian penyakit menular seksual pada manusia (PMS).
2.      Siswa mampu menjelaskan 4 dari 8 jenis penyakit menular (PMS) seksual pada manusia.

B.     Materi Pembelajaran:

KESEHATAN REPRODUKSI MANUSIA
     Kesehatan reproduksi secara umum didefinisikan sebagai kondisi sehat dari sistem, fungsi dan proses alat reproduksi.
1.      Penyakit Menular Seksul (PMS) Pada Manusia.
Penyakit menular seksual adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Seseorang akan lebih beresiko tertular PMS jika melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.
PMS dapat menyebabkan infeksi pada alat reproduksi yang harus ditanggapi secara serius. jika tidak diobati secara tepat, infeksi dapat meluas dan menyebabkan sakit berkepanjangan, kemandulan, bahkan kematian.

2.      Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) Pada Manusia.
a.       Gonorea
Gonorea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, tanda-tanda penyakit ini adalah nyeri, merah, bengkak dan bernanah pada alat kelamin. Penyakit gonorea pada pria maunpun wanita sering kali menyebabkan kemandulan, pada wanita juga bisa terjadi radang panggul. Penyakit ini dapat diturunkan kepada bayi yang baru lahir berupa infeksi pada mata yang dapat menyababkan kebutaan.

b.      Sifilis (Raja Singa)
Sifilis disebakan oleh bakteri Treponema pallidum, penyakit ini ditandai dengan timbul benjolan disekitar alat kelamin, kadang-kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti gejala flu, yang akan hilang sendiri tanpa diobati. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah infeksi. Gejalah ini akan hilang dengan sendirinya dan seringkali penderita tidak merakannya.

c.       Herpes Genital
Herpes Genital disebabkan oleh virus Herpes simplex, gejalah dan tanda-tandanya adalah :
1)   bintil-bintil berair yang sangat nyeri pada sekitar alat kelamin
2)   bintil pecah dan meninggalkan luka yang kering mengerak, lalu hilang sendiri
3)   gejalah dapat kambuh lagi namun tidak nyeri tahap awal

d.      Klamidia
Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis, gejalahnya adalah timbul peradangan pada alat reproduksi pria dan wanita. Pada wanita, gejalahnya bisa berupa keluarnnya cairan dari alat kelamin atau keputihan encer berwarna putih kekuningan dan rasa nyeri dirongga panggul. Pada pria gejalahnya adalah rasa nyeri saat kencing, keluar cairan bening dari saluran kencing, dan jika ada infeksi lebih lanjut, cairan semakin sering keluar dan bercampur darah.

e.       Trikomoniasis
Trikomoniasis disebabkan oleh protozoa Parasit Trichomona svaginalis, gejalah dan tanda-tandanya adalah:
1)        Cairan vagina encer, berwarna kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk
2)        Vulva agak bengkak, kemerahan, gatal, dan rasa tidak nyaman
3)        Nyeri saat kencing.

f.       Kandidiasis Vagina
Kandidiasis vagina merupakan keputihan yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini dapat menimbulkan keputihan. Gejalanya berupa keputihan berwarna putih seperti susu, bergumpal, disertai rasa gatal, panas dan kemerahan pada daerah kelamin.
Penyakit ini tidak selalu tergolong PMS, akan tetapi pasangan seksual dari wanita yang terinfeksi jamur ini dapat mengeluh gatal dengan gejala bintik-bintik kemerahan di kulit kelamin.

g.      Kutil Kelamin
Penyebab kulit kelamin adalah human papiloma virus (HPV) dengan gejala yang khas, yaitu terdapat satu atau beberapa kulit di sekitar kemaluan. Kulit kelamin bisa mengakibatkan kanker leher rahim atau kanker kulit di sekitar kelamin. Pada pria menyerang alat kelamin dan saluran kencing bagian dalam. Kadang –kadang kutil tidak terlihat sehingga tidak disadari. Biasanya pria baru menyadari setelah ia menulari pasanganya.

h.      HIV/AIDS
AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome atau sindrom runtuhnya kekebalan tubuh. Penyakit ini adalah kumpulan gejalah akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi HIV. HIV adalah singkatan dari Human immuno deficiency virus. Orang yang terinfeksi oleh virus ini tidak dapat mengatasi serangan infeksi penyakit lain karena sistem kekebalan tubuhnya terus menurun secara drastis.

C.    Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran          : Small Group Discussion
2.      Metode Pembelajaran       : Diskusi kelompok, tanya jawab dan Penugasan

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar
Waktu
A
Pendahuluan
1.      Presensi
2.      Apersepsi           :   Siapa yang bisa menyebutkan apa itu AIDS?
3.      Motivasi             :   Penyakit Menular Seksual (PMS) pada manusia
4.      Menyampaikan  kompetensi yang akan di capai
10
B
Kegiatan inti
 1. Membagi   siswa   menjadi   empat  kelompok  dan  masing-masing kelompok di beri tugas melakukan kajian pustaka mengenai Penyakit Menular Seksual (PMS) pada manusia
2.  Masing-masing kelompok diberikan brosur tentang Penyakit menular seksual (PMS) pada manusia
3. Setiap  kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Dengan menampilkan powerpoint sesuai materi kelompok
4. Kelompok memberikan tanggapan dengan memberikan pertanyaan  yang telah di susun.
5. Memberi motivasi dan menjelaskan tentang penyakit menular seksual berdasarkan brosur yang telah dibagikan.




70


C
Penutup
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
    - Siswa menyimpulkan secara lisan berdasarkan hasil kelompok / diskusi  kelas.
2. Memberi tugas rumah ( pekerjaan rumah )
    - Buatlah kliping Brosur tentang Penyakit Menular Seksual

10

E.     Alat, Bahan dan Sumber Belajar   
              Alat          : LCD, Laptop, White board, Brosur
              Bahan       : Powor point tentang Penyakit Menular Seksual, buku SMA kelas 2
     Sumber    :
  Symsuri, Istamar  dkk. 2007. Biologi Untuk SMA Kelas XI Semester II. Malang: Erlangga

F.     Penilaian                   
       Penilaian proses
a.  Kognitif proses
Tes tertulis (Uraian/Essai).

Jawablah pertanyaan - pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat !
1.      Jelaskan Pengertian Penyakit Menular Seksual (PMS) pada mausia? (Skor: 50)
Jawab:
Penyakit menular seksual adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Seseorang akan lebih beresiko tertular PMS jika melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

2.      Jelaskan 4 dari 8 jenis penyakit menular seksul (PMS) pada manusia?(Skor: 50)
Jawab:
a.       Gonorea
Gonorea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, tanda-tanda penyakit ini adalah nyeri, merah, bengkak dan bernanah pada alat kelamin.

b.      Sifilis (Raja Singa)
Sifilis disebakan oleh bakteri Treponema pallidum, penyakit ini ditandai dengan timbul benjolan disekitar alat kelamin, kadang-kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti gejala flu, yang akan hilang sendiri tanpa diobati. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah infeksi.

c.       Herpes Genital
Herpes Genital disebabkan oleh virus Herpes simplex, gejalah dan tanda-tandanya adalah :
1)   bintil-bintil berair yang sangat nyeri pada sekitar alat kelamin
2)   bintil pecah dan meninggalkan luka yang kering mengerak, lalu hilang sendiri
3)   gejalah dapat kambuh lagi namun tidak nyeri tahap awal

d.      HIV/AIDS
AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome atau sindrom runtuhnya kekebalan tubuh. Penyakit ini adalah kumpulan gejalah akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang terjadi karena seseorang terinfeksi HIV ( Human immuno deficiency virus).
                                         
b.  Afektif
Penilaian proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar seperti:
1.   Menanggapi pertanyaan yang diberikan guru maupun pertanyaan selama kegiatan diskusi dengan santun.
2.   Menerima pendapat yang berbeda dari teman.
3.   Menghargai pendapat yang berbeda dari teman.

C. Psikomotorik
1. Presentasi diskusi.
2. Lancar dan tepat dalam mempresentasikan materi kesehatan reproduksi manusia
3. Menilai aktivitas siswa selama kegiatan diskusi berlangsung.
           
Palembang,    November 2013
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si                                                         Kelompok 1


BROSUR KELAINAN PADA SISTEM REPRODUKSI MANUSIA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar