PEMBUATAN BAHAN AJAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Dibuat Oleh:
Kelompok : 1 (Satu)
Nama :
1. Erni (34 2009 224)
2. Nadiana Rafika Putri (34 2011 108)
3. Lia
Apriyanti (34 2011 131)
Kelas/Semester : F/VII (tujuh)
Program Studi :
Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh :
Dr. Drs. Saleh Hidayat,
M.Si
Sapta Handaiyani, S.Pd
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PALEMBANG
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA...
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada
salingtemas.
Kompetensi Dasar : 4.1. Menjelaskan
teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Indikator:
1.
Menjelaskan
perbandingan teori evolusi Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh
2.
Menjelaskan 5 petunjuk terjadinya evolusi pada makhluk hidup
Nilai Karakter
Budaya Bangsa
|
|
Religius
|
·
Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha
Esa
·
Mempercayai bahwa Tuhan YME telah menciptakan berbagai
mahluk hidup yang ada di bumi
· Mempelajari teori-teori evolusi untuk melihat kebesaran
Tuhan YME yang telah menciptakan mahluk hidup di bumi
|
Jujur
|
· Mengemukakan
pendapat berdasarkan apa yang telah dipelajari
·
Menyebutkan
secara tegas apa yang tidak dimengerti dalam pokok bahasan
|
Toleransi
|
· Memberi
kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapat dan mau menerima jika
terjadi perbedaan pendapat.
|
Disiplin
|
· Berada di
kelas tepat waktu saat mengikuti pelajaran
· Tidak keluar
masuk saat kegiatan belajar berlangsung.
|
Kerja keras
|
· Selalu
berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
|
Rasa ingin tahu
|
· Memiliki sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
mengenai evolusi.
· Selalu
bertanya saat mendapat kesulitan dalam belajar
|
Mandiri
|
· Mencari materi
mata pelajaran dari buku di perpustakaan, internet dan literatur lainnya
|
A. Tujuan pembelajaran:
1.
Siswa mampu menjelaskan perbandingan teori evolusi
Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh
2.
Siswa
mampu menjelaskan 5 petunjuk
terjadinya evolusi pada makhluk
hidup
B.
Materi Pembelajaran:
EVOLUSI MAKHLUK HIDUP
Perbandingan Teori Evolusi Lamarck
Weismann dan Darwin
Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan
utama, yaitu:
1. Gagasan use and disuse (digunakan dan
tidak digunakan)
bagian tubuh yang digunakan secara
intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan
kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami
kemunduran.
2. Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan
dapat diwariskan kepada keturunannya.
Contoh teori ini adalah evolusi pada
jerapah berleher panjang. Menurut Lamarck, nenek moyang jerapah sebenarnya
berleher pendek. Jerapah yang berleher pendek menjulurkan lehernya untuk
mencapai makanannya pada daun-daun cabang pohon yang tinggi. Oleh karena itu,
leher jerapah menjadi panjang. Sifat leher jerapah yang panjang tersebut akan
diwariskan pada keturunannya. Dengan demikian, semua jerapah berleher panjang.
Sebaliknya, menurut Darwin, evolusi
terjadi melalui seleksi alam dengan adanya adaptasi makhluk hidup. Darwin
berpendapat bahwa nenek moyang jerapah terdiri atas jerapah yang berleher
panjang dan jerapah berleher pendek. Karena makanan jerapah adalah daun-daunan
di pohon yang tinggi, maka hanya jerapah berleher panjang yang dapat menjangkaunya.
Jerapah berleher pendek tidak dapat menjangkau daun-daun di pohon yang tinggi
tersebut sehingga kekurangan makanan dan akhirnya mati.
Sebenarnya, Weismann tidak menentang
pandangan Darwin, tetapi lebih menjelaskan pandangan Darwin mengenai seleksi
alam.
Weismann berpendapat bahwa perubahan sel
tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunannya. Evolusi
menyangkut bagaimana pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin, artinya evolusi
adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika.
Sifat leher panjang atau pendek jerapah
dikendalikan oleh gen. Gen untuk leher panjang bersifat dominan. Sedangkan, gen
untuk leher pendek adalah resesif. Karena jerapah berleher pendek tidak mampu
beradaptasi dengan lingkungan, maka jerapah ini akan punah.
Lamarck berpendapat bahwa makhluk hidup
beradaptasi terhadap lingkungannya melalui perubahan pada organ tubuhnya.
Kemudian, sifat atau fungsi organ tersebut diwariskan kepada keturunannya.
Menurut Lamarck,nenek moyang menjangan tidak bertanduk. Namun,
dikarenakan sering mengadu kepala, maka tanduk tumbuh di kepala menjangan.
Teori Lamarck ditentang oleh Weismann.
Weismann berpendapat bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan
tidak diwariskan pada keturunannya. Weismann membuktikan teorinya dengan
mengawinkan dua ekor tikus yang masing-masing ekornya telah dipotong.
Kemudian, anak-anak yang sudah dewasa
dipotong ekornya dan dikawinkan dengan sesamanya. Hasilnya tetap anak-anak
tikus yang berekor. Percobaan ini dilakukan hingga 21 generasi tikus dan
hasilnya tetap sama.
Petunjuk Adanya Evolusi
Ada
beberapa macam petunjuk adanya evolusi antara lain :
1. Adanya variasi makhluk hidup
2. Fosil
3. Perbandingan fisiologi/biokimia
4. Adanya embriologi perbandingan
5. Petunjuk alat tubuh yang tersisa
6. Homologi organ tubuh dan analogi organ
tubuh
1. Variasi Makhluk Hidup
Adanya
variasi makhluk hidup terbukti tidak ada dua individu di dunia yang mempunyai
sifat/ciri yang sama, hal ini menunjukkan adanya variasi. Bila varian tersebut
hidup pada lingkungan yang berbeda maka akan menghasilkan keturunan
yang berbeda.
2. Fosil
Fosil
dapat diartikan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu.
Leonardo
da Vinci (Itali, 1452 – 1519), Ia berpendapat bahwa fosil merupakan bukti
adanya makhluk hidup di masa lampau.
3. Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh
Organ-organ
yang mempunyai bentuk asal sama namun mempunyai fungsi yang berbeda disebut homologi.
Contoh
organ homolog.
·
Kaki
depan kuda homolog dengan sayap burung
·
Tangan
manusia homolog dengan kaki depan kuda
·
Kaki
depan anjing homolog dengan sayap burung
·
Kaki
depan kucing homolog dengan sirip dada ikan
Organ
tubuh yang menunjukkan kesamaan fungsi tetapi struktur asalnya berbeda disebut
analogi.
Contoh
analogi:
a.
Sayap kelelawar analog dengan sayap kupu, kedua sayap berfungsi sama untuk terbang
b.
Sayap kupu-kupu analog dengan sayap burung, kedua sayap berfungsi sama untuk
terbang tetapi struktur asalnya berbeda.
4. Embriologi Perbandingan
Antara
hewan vertebrata pices, reptil, amfibi, aves, dan mamalia mempunyai kemiripan
pada embrio, yaitu : mempunyai fase perkembangan embrio yg sama. Terdiri Zigot,
morulla, blastula, gastrula, janin.
5. Perbandingan Fisiologi/biokimia
secara
fisiologi dari berbagai organisme dijumpai kemiripan fisiologi yang dapat
ditinjau secara kimiawi.
Contoh:
a.
Atas dasar struktur tubuh yang mirip dan memiliki kesamaan seperti:
kristaloksi hemoglobin dari burung memiliki kemiripan.
b. Test presipitin untuk serum darah manusia mempunyai reaksi yang mirip jika
dibanding dengan serum darah gorilla dan simpanse.
Untuk
menentukan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar makhluk hidup dapat
diuji dengan analisa biokimia. Misalnya:
1. Uji presipitin yaitu mengetahui adanya
reaksi antara antigen-antibodi pada darah, ternyata dari pengujian serum darah
manusia mempunyai kemiripan dengan pengujian pada serum darah gorilla dan
simpanse.
2. Hormon insulin pada sapi mempunyai banyak
persamaan dengan insulin manusia.
3. Adanya kemiripan hormon tiroksin sapi
dengan tiroksin manusia.
4. Pada sebagian manusia dalam darahnya
ditemukan protein yang sama seperti protein yang ditemukan dalam darah kera Maccacus rhesus.
C.
Strategi Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : Small Group Discussion
2. Metode
Pembelajaran : Diskusi kelompok, tanya jawab dan Penugasan
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan
1.
Presensi
2.
Apersepsi : Siapakah bapak evolusi?
3.
Motivasi :
4.
Menyampaikan kompetensi yang akan di capai
|
10
|
B
|
Kegiatan
inti
1. Membagi siswa
menjadi empat kelompok
dan masing-masing kelompok di
beri tugas melakukan kajian pustaka mengenai teori evolusi
dan petunjuk adanya evolusi.
2. Masing-masing
kelompok diberikan poster tentang evolusi makhluk hidup
3. Setiap kelompok
di beri tugas
membuat lima pertanyaan (soal)
4. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Dengan menampilkan powerpoint sesuai
materi kelompok
5. Kelompok memberikan tanggapan dengan memberikan
pertanyaan yang telah di susun.
6. Memberi motivasi dan menjelaskan
tentang evolusi makhluk hidup berdasarkan poster yang telah dibagikan.
|
70
|
C
|
Penutup
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
- Siswa
menyimpulkan secara lisan berdasarkan hasil kelompok / diskusi kelas.
2. Memberi tugas rumah (
pekerjaan rumah )
- Buatlah kliping poster tentang evolusi
makhluk hidup
|
10
|
E.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Alat : LCD, Laptop, White board, bahan tiga
dimensi sistem syaraf
Bahan : Powor point tentang teori dan petunjuk
evolusi, buku SMA kelas 3
Sumber :
Riandari, Henny. 2007. Sains Biologi 3B Untuk Kelas XII SMA dan
MA
Semester 2 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Solo: Tiga Serangkai.
Plengdut, 2012. Petunjuk-Petunjuk
Adanya Evolusi. (Online), (http://www. plengdut.com/2012/10/petunjuk-petunjuk-adanya-evolusi.html,
diakses tanggal 18 November 2013).
F.
Penilaian
Penilaian
proses
a. Kognitif proses
Tes tertulis (Uraian/Essai).
Jawablah pertanyaan - pertanyaan berikut dengan jelas dan
tepat !
1. Jelaskan
perbandingan teori evolusi Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh! (Skor: 50)
Jawab:
Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu:
1. Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan)
bagian
tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu
akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan
akan mengalami kemunduran.
Lamarck
berpendapat bahwa makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya melalui
perubahan pada organ tubuhnya. Kemudian, sifat atau fungsi organ tersebut
diwariskan kepada keturunannya. Menurut Lamarck,nenek moyang menjangan tidak bertanduk. Namun,
dikarenakan sering mengadu kepala, maka tanduk tumbuh di kepala menjangan.
2. Jelaskan 5 petunjuk adanya evolusi! (Skor: 50)
Jawab:
a. Variasi Makhluk Hidup
Adanya
variasi makhluk hidup terbukti tidak ada dua individu di dunia yang mempunyai
sifat/ciri yang sama, hal ini menunjukkan adanya variasi. Bila varian tersebut
hidup pada lingkungan yang berbeda maka akan menghasilkan keturunan
yang berbeda.
b. Fosil
Fosil
dapat diartikan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu. Leonardo da
Vinci (Itali, 1452 – 1519), Ia berpendapat bahwa fosil merupakan bukti adanya
makhluk hidup di masa lampau.
c. Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh
Organ-organ
yang mempunyai bentuk asal sama namun mempunyai fungsi yang berbeda disebut homologi.
d. Embriologi Perbandingan
Antara
hewan vertebrata pices, reptil, amfibi, aves, dan mamalia mempunyai kemiripan
pada embrio, yaitu : mempunyai fase perkembangan embrio yg sama. Terdiri Zigot,
morulla, blastula, gastrula, janin.
e. Perbandingan Fisiologi/biokimia
secara
fisiologi dari berbagai organisme dijumpai kemiripan fisiologi yang dapat
ditinjau secara kimiawi.
b. Afektif
Penilaian
proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar seperti:
1.
Menanggapi
pertanyaan yang diberikan guru maupun pertanyaan selama kegiatan diskusi dengan
santun.
2.
Menerima
pendapat yang berbeda dari teman.
3.
Menghargai
pendapat yang berbeda dari teman.
C. Psikomotorik
1. Presentasi diskusi.
2. Lancar dan tepat dalam mempresentasikan materi teori evolusi makhluk
hidup
3. Menilai aktivitas siswa selama kegiatan diskusi berlangsung.
Palembang,
Desember 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dr.
Drs. Saleh Hidayat, M.Si Kelompok 1
POSTER EVOLUSI MAKHLUK HIDUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar