Senin, 06 Januari 2014

PEMBUATAN BAHAN AJAR SMA Poster

PEMBUATAN BAHAN AJAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Dibuat Oleh:
Kelompok : 1 (Satu)

Nama              : 1. Erni                                  (34 2009 224)
                                                  2. Nadiana Rafika Putri     (34 2011 108)
  3. Lia Apriyanti                   (34 2011 131)

Kelas/Semester           : F/VII (tujuh)
Program Studi           : Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh        : Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si
                                                              Sapta Handaiyani, S.Pd


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah            :  SMA...
Mata pelajaran           :  Biologi
Kelas/Semester          :  X / Genap
Alokasi Waktu           :  2  x  45 menit


Standar Kompetensi   : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada
salingtemas.

Kompetensi Dasar   : 4.1. Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi

Indikator:
1.      Menjelaskan perbandingan teori evolusi Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh
2.      Menjelaskan  5 petunjuk terjadinya evolusi pada makhluk hidup

Nilai Karakter Budaya Bangsa
Religius
·      Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa
·      Mempercayai bahwa Tuhan YME telah menciptakan berbagai mahluk hidup yang ada di bumi
·  Mempelajari teori-teori evolusi untuk melihat kebesaran Tuhan YME yang telah menciptakan mahluk hidup di bumi
Jujur
·       Mengemukakan pendapat berdasarkan apa yang telah dipelajari
·      Menyebutkan secara tegas apa yang tidak dimengerti dalam pokok bahasan
Toleransi
·    Memberi kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapat dan mau menerima jika terjadi perbedaan pendapat.
Disiplin
·       Berada di kelas tepat waktu saat mengikuti pelajaran
·       Tidak keluar masuk saat kegiatan belajar berlangsung.
Kerja keras
·       Selalu berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
Rasa ingin tahu
·       Memiliki sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas mengenai evolusi.
·       Selalu bertanya saat mendapat kesulitan dalam belajar
Mandiri
·       Mencari materi mata pelajaran dari buku di perpustakaan, internet dan literatur lainnya
      
      A.  Tujuan pembelajaran:
1.      Siswa mampu menjelaskan perbandingan teori evolusi Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh
2.      Siswa mampu menjelaskan 5 petunjuk terjadinya evolusi pada makhluk hidup

B.     Materi Pembelajaran:

EVOLUSI MAKHLUK HIDUP


Perbandingan Teori Evolusi Lamarck Weismann dan Darwin

Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu:
1. Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan)
bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.

2. Sifat atau ciri-ciri dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya.

Contoh teori ini adalah evolusi pada jerapah berleher panjang. Menurut Lamarck, nenek moyang jerapah sebenarnya berleher pendek. Jerapah yang berleher pendek menjulurkan lehernya untuk mencapai makanannya pada daun-daun cabang pohon yang tinggi. Oleh karena itu, leher jerapah menjadi panjang. Sifat leher jerapah yang panjang tersebut akan diwariskan pada keturunannya. Dengan demikian, semua jerapah berleher panjang.

Sebaliknya, menurut Darwin, evolusi terjadi melalui seleksi alam dengan adanya adaptasi makhluk hidup. Darwin berpendapat bahwa nenek moyang jerapah terdiri atas jerapah yang berleher panjang dan jerapah berleher pendek. Karena makanan jerapah adalah daun-daunan di pohon yang tinggi, maka hanya jerapah berleher panjang yang dapat menjangkaunya. Jerapah berleher pendek tidak dapat menjangkau daun-daun di pohon yang tinggi tersebut sehingga  kekurangan makanan dan akhirnya mati.



Sebenarnya, Weismann tidak menentang pandangan Darwin, tetapi lebih menjelaskan pandangan Darwin mengenai seleksi alam.

Weismann berpendapat bahwa perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan kepada keturunannya. Evolusi menyangkut bagaimana pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin, artinya evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika.

Sifat leher panjang atau pendek jerapah dikendalikan oleh gen. Gen untuk leher panjang bersifat dominan. Sedangkan, gen untuk leher pendek adalah resesif. Karena jerapah berleher pendek tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan, maka jerapah ini akan punah.


Lamarck berpendapat bahwa makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya melalui perubahan pada organ tubuhnya. Kemudian, sifat atau fungsi organ tersebut diwariskan kepada keturunannya. Menurut Lamarck,nenek moyang menjangan tidak bertanduk. Namun, dikarenakan sering mengadu kepala, maka tanduk tumbuh di kepala menjangan.

Teori Lamarck ditentang oleh Weismann. Weismann berpendapat bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya. Weismann membuktikan teorinya dengan mengawinkan dua ekor tikus yang masing-masing ekornya telah dipotong.

Kemudian, anak-anak yang sudah dewasa dipotong ekornya dan dikawinkan dengan sesamanya. Hasilnya tetap anak-anak tikus yang berekor. Percobaan ini dilakukan hingga 21 generasi tikus dan hasilnya tetap sama.


Petunjuk Adanya Evolusi

Ada beberapa macam petunjuk adanya evolusi antara lain :
1.      Adanya variasi makhluk hidup
2.      Fosil
3.      Perbandingan fisiologi/biokimia
4.      Adanya embriologi perbandingan
5.      Petunjuk alat tubuh yang tersisa
6.      Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh

1. Variasi Makhluk Hidup
Adanya variasi makhluk hidup terbukti tidak ada dua individu di dunia yang mempunyai sifat/ciri yang sama, hal ini menunjukkan adanya variasi. Bila varian tersebut hidup pada lingkungan  yang berbeda maka akan menghasilkan  keturunan yang berbeda.
2. Fosil
Fosil dapat diartikan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu.
Leonardo da Vinci (Itali, 1452 – 1519), Ia berpendapat bahwa fosil merupakan bukti adanya makhluk hidup di masa lampau.
3.  Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh
Organ-organ yang mempunyai bentuk asal sama namun mempunyai fungsi yang berbeda disebut homologi.
Contoh organ homolog.
·         Kaki depan kuda homolog dengan sayap burung
·         Tangan manusia homolog dengan kaki depan kuda
·         Kaki depan anjing homolog dengan sayap burung
·         Kaki depan kucing homolog dengan sirip dada ikan

Organ tubuh yang menunjukkan kesamaan fungsi tetapi struktur asalnya berbeda disebut analogi.
Contoh analogi:
a.   Sayap kelelawar analog dengan sayap kupu, kedua sayap berfungsi sama untuk terbang
b.   Sayap kupu-kupu analog dengan sayap burung, kedua sayap berfungsi sama untuk terbang tetapi struktur asalnya berbeda.

4. Embriologi Perbandingan
Antara hewan vertebrata pices, reptil, amfibi, aves, dan mamalia mempunyai kemiripan pada embrio, yaitu : mempunyai fase perkembangan embrio yg sama. Terdiri Zigot, morulla, blastula, gastrula, janin.

5. Perbandingan Fisiologi/biokimia
secara fisiologi dari berbagai organisme dijumpai kemiripan fisiologi yang dapat ditinjau secara kimiawi.
Contoh:
a.  Atas dasar struktur tubuh yang mirip dan memiliki kesamaan seperti: kristaloksi hemoglobin dari burung memiliki kemiripan.
b. Test presipitin untuk serum darah manusia mempunyai reaksi yang mirip jika dibanding dengan serum darah gorilla dan simpanse.
Untuk menentukan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar makhluk hidup  dapat diuji dengan analisa biokimia. Misalnya:
1.     Uji presipitin yaitu mengetahui adanya reaksi antara antigen-antibodi pada darah, ternyata dari pengujian serum darah manusia mempunyai kemiripan dengan pengujian pada serum darah gorilla dan simpanse.
2.      Hormon insulin pada sapi mempunyai banyak persamaan dengan insulin manusia.
3.      Adanya kemiripan hormon tiroksin sapi dengan tiroksin manusia.
4.      Pada sebagian manusia dalam darahnya ditemukan protein yang sama seperti protein yang ditemukan dalam darah kera Maccacus rhesus.

C.    Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran          : Small Group Discussion
2.      Metode Pembelajaran       : Diskusi kelompok, tanya jawab dan Penugasan

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar
Waktu
A
Pendahuluan
1.      Presensi
2.      Apersepsi    :   Siapakah bapak evolusi?
3.      Motivasi        :  
4.      Menyampaikan  kompetensi yang akan di capai
10
B
Kegiatan inti
1. Membagi   siswa   menjadi   empat  kelompok  dan  masing-masing kelompok di beri tugas melakukan kajian pustaka mengenai teori evolusi dan petunjuk adanya evolusi.
2.  Masing-masing kelompok diberikan poster tentang evolusi makhluk hidup
3.  Setiap  kelompok  di  beri  tugas  membuat  lima  pertanyaan (soal)
4. Setiap  kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Dengan menampilkan powerpoint sesuai materi kelompok
5. Kelompok memberikan tanggapan dengan memberikan pertanyaan  yang telah di susun.
6. Memberi motivasi dan menjelaskan tentang evolusi makhluk hidup berdasarkan poster yang telah dibagikan.




70


C
Penutup
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
    - Siswa menyimpulkan secara lisan berdasarkan hasil kelompok / diskusi  kelas.
2. Memberi tugas rumah ( pekerjaan rumah )
    - Buatlah kliping poster tentang evolusi makhluk hidup

10

E.     Alat, Bahan dan Sumber Belajar   
              Alat         : LCD, Laptop, White board, bahan tiga dimensi sistem syaraf
              Bahan      : Powor point tentang teori dan petunjuk evolusi, buku SMA kelas 3
    Sumber    :
    Riandari, Henny. 2007. Sains Biologi 3B Untuk Kelas XII SMA dan MA 
Semester 2 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Solo: Tiga Serangkai.
 Plengdut, 2012. Petunjuk-Petunjuk Adanya Evolusi. (Online), (http://www. plengdut.com/2012/10/petunjuk-petunjuk-adanya-evolusi.html, diakses tanggal 18 November 2013).

F.     Penilaian                   
       Penilaian proses
a.  Kognitif proses
Tes tertulis (Uraian/Essai).
Jawablah pertanyaan - pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat !

1.      Jelaskan perbandingan teori evolusi Darwin dan Lamarck berdasarkan contoh! (Skor: 50)
Jawab:  
Teori Evolusi Lamarck berisi dua gagasan utama, yaitu:
1. Gagasan use and disuse (digunakan dan tidak digunakan)
bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi besar dan kuat. Sementara itu, bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran.

Lamarck berpendapat bahwa makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya melalui perubahan pada organ tubuhnya. Kemudian, sifat atau fungsi organ tersebut diwariskan kepada keturunannya. Menurut Lamarck,nenek moyang menjangan tidak bertanduk. Namun, dikarenakan sering mengadu kepala, maka tanduk tumbuh di kepala menjangan.


2.      Jelaskan 5 petunjuk adanya evolusi! (Skor: 50)
Jawab:
a.    Variasi Makhluk Hidup
Adanya variasi makhluk hidup terbukti tidak ada dua individu di dunia yang mempunyai sifat/ciri yang sama, hal ini menunjukkan adanya variasi. Bila varian tersebut hidup pada lingkungan  yang berbeda maka akan menghasilkan  keturunan yang berbeda.
b.   Fosil
Fosil dapat diartikan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang telah membatu. Leonardo da Vinci (Itali, 1452 – 1519), Ia berpendapat bahwa fosil merupakan bukti adanya makhluk hidup di masa lampau.
c.    Homologi organ tubuh dan analogi organ tubuh
Organ-organ yang mempunyai bentuk asal sama namun mempunyai fungsi yang berbeda disebut homologi.
d.   Embriologi Perbandingan
Antara hewan vertebrata pices, reptil, amfibi, aves, dan mamalia mempunyai kemiripan pada embrio, yaitu : mempunyai fase perkembangan embrio yg sama. Terdiri Zigot, morulla, blastula, gastrula, janin.
e.    Perbandingan Fisiologi/biokimia
secara fisiologi dari berbagai organisme dijumpai kemiripan fisiologi yang dapat ditinjau secara kimiawi.

b.  Afektif
Penilaian proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar seperti:
1.   Menanggapi pertanyaan yang diberikan guru maupun pertanyaan selama kegiatan diskusi dengan santun.
2.   Menerima pendapat yang berbeda dari teman.
3.   Menghargai pendapat yang berbeda dari teman.

C. Psikomotorik
1. Presentasi diskusi.
2. Lancar dan tepat dalam mempresentasikan materi teori evolusi makhluk hidup
3. Menilai aktivitas siswa selama kegiatan diskusi berlangsung.

           
Palembang,    Desember 2013
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si                                                         Kelompok 1


POSTER EVOLUSI MAKHLUK HIDUP









Tidak ada komentar:

Posting Komentar