PEMBUATAN BAHAN AJAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Dibuat Oleh:
Kelompok : 1 (Satu)
Nama :
1. Erni Kusrini (34 2009 224)
2. Nadiana Rafika Putri (34 2011 108)
3. Lia
Apriyanti (34 2011 131)
Kelas/Semester : F/VII (tujuh)
Program Studi :
Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh :
Dr. Drs. Saleh Hidayat,
M.Si
Sapta Handaiyani, S.Pd
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PALEMBANG
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA...
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / Genap
Alokasi Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator:
1.
Menjelaskan
4 teori tentang sel
2.
Menjelaskan
3 struktur sel besera fungsinya masing-masing
3.
Menjelaskan
3 bagian dalam yang terdapat dalam nukleus
Nilai Karakter
Budaya Bangsa
|
|
Religius
|
·
Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha
Esa
·
Mempercayai bahwa Tuhan YME telah menciptakan berbagai
mahluk hidup yang ada di bumi
|
Jujur
|
· Mengemukakan
pendapat berdasarkan apa yang telah dipelajari
·
Menyebutkan
secara tegas apa yang tidak dimengerti dalam pokok bahasan
|
Toleransi
|
· Memberi
kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapat dan mau menerima jika
terjadi perbedaan pendapat.
|
Disiplin
|
· Berada di
kelas tepat waktu saat mengikuti pelajaran
· Tidak keluar
masuk saat kegiatan belajar berlangsung.
|
Kerja keras
|
· Selalu
berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
|
Rasa ingin tahu
|
· Memiliki sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
mengenai sel
· Selalu
bertanya saat mendapat kesulitan dalam belajar
|
Mandiri
|
· Mencari materi
mata pelajaran dari buku di perpustakaan, internet dan literatur lainnya
|
- Tujuan pembelajaran:
1. Siswa mampu menjelaskan 4 teori
tentang sel
2. Siswa mampu menjelaskan 3
struktur sel besera fungsinya masing-masing
4.
Siswa
mampu menjelaskan 3 bagian dalam yang terdapat dalam nukleus
B.
Materi Pembelajaran:
SEL
1.
Sejarah dan Penemuan Teori Sel
Istilah sel pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke (Inggris, 1635-1703)
seorang ahli fisika dan matematika. Dengan menggunakan mikroskop sederhana
temuannya, Robert Hooke berhasil mengamati sayatan gabus tutuo botol. Dalam
pengamatannya, sayatan gabus tersebut tampak seperti kamar-kamar kecil yang
dipisahkan oleh dinding tebal menyerupai sarang lebah. Kamar-kamar kecil
tersebut dinamakan sel. Antoni Van Leeuwenhoek, pada awal abad
ke-17, berhasil melihat benda-benda aneh yang terdapat dalam setetes air
rendaman jerami dengan menggunkan mikroskop sederhana rancangannya. Pada tahun
1809, Jean Baptiste de Lamarck (Perancis
1744-1829) menyatakan bahwa setiap badan hidup adalah kumpulan sel-sel. Di
dalam setiap sel, bergerak cairan yang kompleks. Pendapat tersebut didukung
oleh Henri Dutrochet. Ia menyatakan
bahwa sel itu merupakan bagian fundamental organisme. Berkat perkembangan ilmu
dan teknologi, khususnya teknologi optic pembesaran objek, mendorong penelitian
tentang sel. Organisme sel yang selama ini hanya merupakan teka-teki, dapat
terjawab dengan baik. Penemuan ini semakin mendorong manusia untuk menggali
rahasia yang tersimpan didalam sel.
2.
Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel
a.
Membrane sel, suatu
struktur membranosa yang sangat tipis yang membungkus setiap sel, memisahkan
isi sel dari sekitarnya.
Sumber: (Biofarmasiumi, 2010)
Fungsi membran sel antara lain :
1. melindungi
isi sel
2. mempertahankan
isi sel
3. mengatur
lalulintas molekul-molekul
4. membran
plasma bersifat selektif permeabel artinya ada zat-zat tertentu yang dapat
melewati membrane dan ada pula yang tidak. Molekul-molekul tersebut berguna
untuk mempertahankan kehidupan sel
5. reseptor
rangsangan dari luar sel, rangsangan itu berupa zat-zat kimia seperti hormon,
racun, rangsangan listrik, dan rangsangan mekanik. Bagian sel yang berfungsi
sebagai reseptor yaitu glikoprotein.
b.
Nukleus (Inti)
DNA dan protein khusus yang dibungkus oleh sebuah membran berlapis
ganda.
Fungsi :
1.
Pusat pengaturan sel, menyimpan
informasi genetic,
2. menyediakan kode-kode untuk mensintesis protein structural dan
enzimatik yang menentukan sifat spesifik sel
3.
untuk replikasi sel
c.
Sitoplasma
Bagian interior sel yang tidak ditempati oleh nucleus. Sitoplasma
mengandung sejumlah struktur tersendiri, yang sangat terorganisasi. Komponen
dalam sitoplasma meliputi : Organel, mikrofilamen, mikrotubulus, sentriol,
silia, dan flagella.
Inti sel memiliki bagian-bagian di dalamnya, seperti
berikut ini.
1) Cairan Inti (Nukleoplasma)
1) Cairan Inti (Nukleoplasma)
Cairan inti merupakan suatu
cairan kental berbentuk jeli. Cairan
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks. Selain itu, di
dalam cairan inti terdapat enzim, ion, protein, dan nukleotida.
2) Anak Inti (Nukleolus)
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks. Selain itu, di
dalam cairan inti terdapat enzim, ion, protein, dan nukleotida.
2) Anak Inti (Nukleolus)
Anak inti adalah suatu
struktur berbentuk bulat yang tersusun atas
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein. Nukleolus berperan dalam
pembentukan ribosom.
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein. Nukleolus berperan dalam
pembentukan ribosom.
3) Kromatin
Kromatin adalah struktur
berupa benang-benang halus yang
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid). DNA merupakan bahan atau
substansi genetik dari suatu organisme. Pada saat pembelahan sel,
kromatin akan memendek dan melingkar membentuk kromosom.
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid). DNA merupakan bahan atau
substansi genetik dari suatu organisme. Pada saat pembelahan sel,
kromatin akan memendek dan melingkar membentuk kromosom.
Fungsi Sitoplasma
1.
sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting
bagi metabolisme sel , seperti enzim enzim, ion ion, gula, lemak dan protein
2.
berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat zat
melalui reaksi kimia
3.
menjamin berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme berlangsung dengan baik.
C.
Strategi Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : Small Group Discussion
2. Metode
Pembelajaran : Diskusi kelompok dan tanya jawab
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Belajar
|
Waktu
|
A
|
Pendahuluan
1.
Presensi
2.
Apersepsi : Apakah yang
dimaksud dengan sel?
3.
Motivasi : Teori sel
4.
Menyampaikan kompetensi yang akan di capai
|
10
|
B
|
Kegiatan
inti
1.
Membagi siswa
menjadi empat kelompok
2.
Siswa bersama teman
kelompoknya menonton multimedia
tentang sel yang telah disusun oleh guru
3. Siswa menjawab pertanyaan yang
telah disusun dalam multimedia yang ditampilkan
4.
Masing-masing kelompok di beri tugas melakukan kajian
pustaka mengenai teori sel
3. Masing-masing
kelompok mendiskusikan materi tentang system saraf
4. Setiap kelompok
di beri tugas
membuat lima pertanyaan (soal)
5. Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Dengan menampilkan powerpoint sesuai
materi kelompok
6. Kelompok memberikan tanggapan dengan memberikan
pertanyaan yang telah di susun.
|
70
|
C
|
Penutup
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
- Siswa
menyimpulkan secara lisan berdasarkan hasil kelompok / diskusi kelas.
2. Memberi tugas rumah (
pekerjaan rumah )
- Mencari
bahan tentang struktur dan fungsi sel
|
10
|
E.
Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Alat : LCD, Laptop, White board
Bahan : Multimedia tentang teori sel, Powor point tentang teori
sel , buku SMA
kelas 2
Sumber :
Syamsuri,
Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk Kelas XI
Semester 2. Malang; Erlangga.
Inchyfarizan.
2011. Macam Teori Tentang Sel. (Online),
(http://
inchyfarizan.blogspot.com/2011/08/10-macam-teori-tentang-sel.html, diakses tanggal
18 desember 2013).
Tanri,
Alim. 2012. Membran Plasma. (Online),
(http://www.biologi-sel.com/2012/06/membran-plasma.html, diakses tanggal
18 desember 2013).
F.
Penilaian
Penilaian proses
a. Kognitif proses
Tes tertulis (Uraian/Essai).
Jawablah pertanyaan - pertanyaan berikut dengan jelas dan
tepat !
1. Jelaskan 4 teori tentang sel !
(Skor: 40)
Jawab:
a. sel merupakan unit struktural
makhluk hidup
b. sel merupakan unit fungsional makhluk
hidup
c. sel merupakan unit reproduksi
makhluk hidup
d. sel merupakan unit hereditas
2. Jelaskan 3 struktur sel besera
fungsinya masing-masing !
(Skor: 30)
Jawab:
a.
Membran sel
Fungsinya:
1)
melindungi isi sel
2)
mempertahankan isi sel
3)
mengatur lalulintas molekul-molekul
4)
membran plasma bersifat selektif permeabel
5)
reseptor rangsangan dari luar sel
b.
Nukleus (inti)
Fungsinya:
1)
Pusat pengaturan sel, menyimpan
informasi genetic,
2)
menyediakan kode-kode untuk
mensintesis protein structural dan enzimatik yang menentukan sifat spesifik sel
3)
untuk replikasi sel
c.
Sitoplasma
Fungsinya:
1)
sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting
bagi metabolisme sel , seperti enzim enzim, ion ion, gula, lemak dan protein
2) berlangsung
kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat zat melalui reaksi kimia
3) menjamin
berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme
berlangsung dengan baik.
3. Jelaskan 3 bagian dalam yang
terdapat dalam nukleus
(Skor: 30)
Jawab:
a.
Cairan Inti (Nukleoplasma)
Cairan inti merupakan suatu cairan kental berbentuk
jeli. Cairan
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks..
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks..
b.
Anak Inti (Nukleolus)
Anak inti adalah suatu struktur berbentuk bulat yang
tersusun atas
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein.
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein.
c.
Kromatin
Kromatin adalah struktur berupa benang-benang halus yang
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid).
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid).
b. Afektif
Penilaian
proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar seperti:
1.
Menanggapi
pertanyaan yang diberikan guru maupun pertanyaan selama kegiatan diskusi dengan
santun.
2.
Menerima
pendapat yang berbeda dari teman.
3.
Menghargai
pendapat yang berbeda dari teman.
C. Psikomotorik
1. Presentasi diskusi.
2. Lancar dan tepat dalam mempresentasikan materi teori evolusi makhluk
hidup
3. Menilai aktivitas siswa selama kegiatan diskusi berlangsung.
Palembang,
Desember 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dr.
Drs. Saleh Hidayat, M.Si Kelompok 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar