Senin, 06 Januari 2014

PEMBUATAN BAHAN AJAR SMA Multimedia tentang sel



PEMBUATAN BAHAN AJAR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Dibuat Oleh:
Kelompok : 1 (Satu)

Nama              : 1. Erni Kusrini                    (34 2009 224)
                                                  2. Nadiana Rafika Putri     (34 2011 108)
  3. Lia Apriyanti                   (34 2011 131)

Kelas/Semester           : F/VII (tujuh)
Program Studi           : Pendidikan Biologi
Dosen Pengasuh        : Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si
                                                              Sapta Handaiyani, S.Pd




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah           :  SMA...
Mata pelajaran          :  Biologi
Kelas/Semester          :  X / Genap
Alokasi Waktu           :  2  x  45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Kompetensi Dasar      : 1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
 
Indikator:
1.      Menjelaskan 4 teori tentang sel
2.      Menjelaskan 3 struktur sel besera fungsinya masing-masing
3.      Menjelaskan 3 bagian dalam yang terdapat dalam nukleus
 
Nilai Karakter Budaya Bangsa
Religius
·      Mensyukuri apa yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa
·      Mempercayai bahwa Tuhan YME telah menciptakan berbagai mahluk hidup yang ada di bumi
Jujur
·       Mengemukakan pendapat berdasarkan apa yang telah dipelajari
·      Menyebutkan secara tegas apa yang tidak dimengerti dalam pokok bahasan
Toleransi
·       Memberi kesempatan kepada teman untuk mengemukakan pendapat dan mau menerima jika terjadi perbedaan pendapat.
Disiplin
·       Berada di kelas tepat waktu saat mengikuti pelajaran
·       Tidak keluar masuk saat kegiatan belajar berlangsung.
Kerja keras
·       Selalu berusaha menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
Rasa ingin tahu
·       Memiliki sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas mengenai sel
·       Selalu bertanya saat mendapat kesulitan dalam belajar
Mandiri
·       Mencari materi mata pelajaran dari buku di perpustakaan, internet dan literatur lainnya
 
  1. Tujuan pembelajaran:
1.      Siswa mampu menjelaskan 4 teori tentang sel
2.      Siswa mampu menjelaskan 3 struktur sel besera fungsinya masing-masing
4.      Siswa mampu menjelaskan 3 bagian dalam yang terdapat dalam nukleus
 
B.     Materi Pembelajaran:
SEL
1.      Sejarah dan Penemuan Teori Sel
Istilah sel pertama kali dikemukakan oleh Robert Hooke (Inggris, 1635-1703) seorang ahli fisika dan matematika. Dengan menggunakan mikroskop sederhana temuannya, Robert Hooke berhasil mengamati sayatan gabus tutuo botol. Dalam pengamatannya, sayatan gabus tersebut tampak seperti kamar-kamar kecil yang dipisahkan oleh dinding tebal menyerupai sarang lebah. Kamar-kamar kecil tersebut dinamakan sel.  Antoni Van Leeuwenhoek, pada awal abad ke-17, berhasil melihat benda-benda aneh yang terdapat dalam setetes air rendaman jerami dengan menggunkan mikroskop sederhana rancangannya. Pada tahun 1809, Jean Baptiste de Lamarck (Perancis 1744-1829) menyatakan bahwa setiap badan hidup adalah kumpulan sel-sel. Di dalam setiap sel, bergerak cairan yang kompleks. Pendapat tersebut didukung oleh Henri Dutrochet. Ia menyatakan bahwa sel itu merupakan bagian fundamental organisme. Berkat perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya teknologi optic pembesaran objek, mendorong penelitian tentang sel. Organisme sel yang selama ini hanya merupakan teka-teki, dapat terjawab dengan baik. Penemuan ini semakin mendorong manusia untuk menggali rahasia yang tersimpan didalam sel.

2.      Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Sel
a.         Membrane sel, suatu struktur membranosa yang sangat tipis yang membungkus setiap sel, memisahkan isi sel dari sekitarnya.




                                                           Gambar 1. Membran sel
                                                                  Sumber: (Biofarmasiumi, 2010)

Fungsi membran sel antara lain :
1.     melindungi isi sel
2.     mempertahankan isi sel
3.     mengatur lalulintas molekul-molekul
4.     membran plasma bersifat selektif permeabel artinya ada zat-zat tertentu yang dapat melewati membrane dan ada pula yang tidak. Molekul-molekul tersebut berguna untuk mempertahankan kehidupan sel
5.     reseptor rangsangan dari luar sel, rangsangan itu berupa zat-zat kimia seperti hormon, racun, rangsangan listrik, dan rangsangan mekanik. Bagian sel yang berfungsi sebagai reseptor yaitu glikoprotein.

b.         Nukleus (Inti)
DNA dan protein khusus yang dibungkus oleh sebuah membran berlapis ganda.
Fungsi :
1.       Pusat pengaturan sel, menyimpan informasi genetic,
2.       menyediakan kode-kode untuk mensintesis protein structural dan enzimatik yang menentukan sifat spesifik sel
3.       untuk replikasi sel
c.         Sitoplasma
Bagian interior sel yang tidak ditempati oleh nucleus. Sitoplasma mengandung sejumlah struktur tersendiri, yang sangat terorganisasi. Komponen dalam sitoplasma meliputi : Organel, mikrofilamen, mikrotubulus, sentriol, silia, dan flagella.
Inti sel memiliki bagian-bagian di dalamnya, seperti berikut ini.
1) Cairan Inti (Nukleoplasma)
Cairan inti merupakan suatu cairan kental berbentuk jeli. Cairan
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks. Selain itu, di
dalam cairan inti terdapat enzim, ion, protein, dan nukleotida.
2) Anak Inti (Nukleolus)
Anak inti adalah suatu struktur berbentuk bulat yang tersusun atas
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein. Nukleolus berperan dalam
pembentukan ribosom.
3) Kromatin
Kromatin adalah struktur berupa benang-benang halus yang
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid). DNA merupakan bahan atau
substansi genetik dari suatu organisme. Pada saat pembelahan sel,
kromatin akan memendek dan melingkar membentuk kromosom.

Fungsi Sitoplasma      
1.         sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel , seperti enzim enzim, ion ion, gula, lemak dan protein
2.         berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat zat melalui reaksi kimia
3.         menjamin berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme berlangsung dengan baik.

C.    Strategi Pembelajaran
1.      Model pembelajaran          : Small Group Discussion
2.      Metode Pembelajaran       : Diskusi kelompok dan tanya jawab

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar
Waktu
A
Pendahuluan
1.      Presensi
2.      Apersepsi       :   Apakah yang dimaksud dengan sel?
3.      Motivasi         :   Teori sel
4.      Menyampaikan  kompetensi yang akan di capai
10
B
Kegiatan inti
1.    Membagi   siswa   menjadi   empat  kelompok 
2.    Siswa bersama teman kelompoknya menonton  multimedia tentang sel yang telah disusun oleh guru
3. Siswa menjawab pertanyaan yang telah disusun dalam multimedia yang ditampilkan
4.    Masing-masing kelompok di beri tugas melakukan kajian pustaka mengenai teori sel
3.  Masing-masing kelompok mendiskusikan materi tentang system saraf
4.  Setiap  kelompok  di  beri  tugas  membuat  lima  pertanyaan (soal)
5. Setiap  kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Dengan menampilkan powerpoint sesuai materi kelompok
6. Kelompok memberikan tanggapan dengan memberikan pertanyaan  yang telah di susun.




70


C
Penutup
1. Menarik kesimpulan pembelajaran
    - Siswa menyimpulkan secara lisan berdasarkan hasil kelompok / diskusi  kelas.
2. Memberi tugas rumah ( pekerjaan rumah )
    - Mencari bahan tentang struktur dan fungsi sel

10

E.     Alat, Bahan dan Sumber Belajar   
             Alat         : LCD, Laptop, White board
    Bahan     : Multimedia tentang teori sel, Powor point tentang teori sel , buku SMA kelas 2
    Sumber   :
Syamsuri, Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk Kelas XI Semester 2. Malang; Erlangga.  
Inchyfarizan. 2011. Macam Teori Tentang Sel. (Online), (http:// inchyfarizan.blogspot.com/2011/08/10-macam-teori-tentang-sel.html, diakses tanggal 18 desember 2013).
Tanri, Alim. 2012. Membran Plasma. (Online), (http://www.biologi-sel.com/2012/06/membran-plasma.html, diakses tanggal 18 desember 2013).
F.     Penilaian                   
       Penilaian proses
a.  Kognitif proses
Tes tertulis (Uraian/Essai).
Jawablah pertanyaan - pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat !
1.      Jelaskan 4 teori tentang sel !
(Skor: 40)
Jawab:  
a.    sel merupakan unit struktural makhluk hidup
b.    sel merupakan unit fungsional makhluk hidup
c.    sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup
d.   sel merupakan unit hereditas
2.      Jelaskan 3 struktur sel besera fungsinya masing-masing !
(Skor: 30)
Jawab:
a.         Membran sel
Fungsinya:
1)   melindungi isi sel
2)   mempertahankan isi sel
3)   mengatur lalulintas molekul-molekul
4)   membran plasma bersifat selektif permeabel
5)   reseptor rangsangan dari luar sel
b.        Nukleus (inti)
Fungsinya:
1)   Pusat pengaturan sel, menyimpan informasi genetic,
2)   menyediakan kode-kode untuk mensintesis protein structural dan enzimatik yang menentukan sifat spesifik sel
3)   untuk replikasi sel
c.         Sitoplasma
Fungsinya:
1)   sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel , seperti enzim enzim, ion ion, gula, lemak dan protein
2)   berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat zat melalui reaksi kimia
3)   menjamin berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme berlangsung dengan baik.
3.      Jelaskan 3 bagian dalam yang terdapat dalam nukleus
(Skor: 30)
Jawab:
a.       Cairan Inti (Nukleoplasma)
Cairan inti merupakan suatu cairan kental berbentuk jeli. Cairan
inti ini mengandung senyawa kimia yang sangat kompleks..
b.      Anak Inti (Nukleolus)
Anak inti adalah suatu struktur berbentuk bulat yang tersusun atas
filamen-filamen dan butiran-butiran. Secara kimiawi, anak inti
mengandung DNA, RNA, dan protein.
c.       Kromatin
Kromatin adalah struktur berupa benang-benang halus yang
mengandung DNA (deoxyribonucleic acid).

b.      Afektif
Penilaian proses dengan melihat sikap siswa saat mengikuti kegiatan belajar seperti:
1.   Menanggapi pertanyaan yang diberikan guru maupun pertanyaan selama kegiatan diskusi dengan santun.
2.   Menerima pendapat yang berbeda dari teman.
3.   Menghargai pendapat yang berbeda dari teman.

C. Psikomotorik
1. Presentasi diskusi.
2. Lancar dan tepat dalam mempresentasikan materi teori evolusi makhluk hidup
3. Menilai aktivitas siswa selama kegiatan diskusi berlangsung.

Palembang,    Desember 2013
Mengetahui                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



Dr. Drs. Saleh Hidayat, M.Si                                                         Kelompok 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar